Sabtu, 12 Januari 2013

Mengganti Nama Server SQL Server Pada Koneksi Database Crystal Report


Diposkan oleh T. Erick Sitorus | 06:19 | Aplikasi | 0 komentar »
Beberapa waktu lalu saya membuat aplikasi yang menggunakan laporan Crystal Report, dimana datanya diambil dari SQL Server komputer saya. Laporan tersebut menggunakan kombinasi 5 tabel database sekaligus dan menggunakan banyak field dan grouping data didalamnya.

Masalah muncul saat saya ingin memindahkan aplikasi tersebut ke Laptop orang lain, dimana nama Server SQL-Server di komputer saya dan di laptop itu berbeda. Databasenya sendiri sudah saya copy ke laptop tersebut.

Otomatis saya harus mengubah setting nama Servernya. Untuk koneksi di Form, mungkin saya tinggal mengganti nama servernya di file khusus untuk modul koneksi. Bagaimana dengan koneksi database di laporan yang menggunakan Crystal Report..? Kondisinya seperti gambar berikut..!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjx2-9ZQ0FjpN_ivhj3N5SLEX84ZG2kfWepbRVRqbC375UmChYqgA059F1nEJ8zQRnVSTj1Vt4MXmWdcahbJZATlPpZiONO_KmxerHzZebPPSksqIfjnx2i-Tu88C7t6G-KPzzcyjSJMXk/s1600/dbx.gif

Gambar diatas adalah kotak dialog Database Expert dan saya harus merubah Nama Server tersebut dengan nama server di laptop tadi agar aplikasi saya bisa berjalan di Laptop itu.

Berikut ini adalah cara yang saya lakukan.
1. Melalui Field Explorer, klik kanan di Database Fields pilih Set Datasource Location.
2. Akan muncul kotak dialog Set Datasource Location.
3. Klik tanda + pada tree di bagian properties (dibawah nama server).
4. Klik 2 kali pada Data Source dan isikan nama server yang baru, lihat gambar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh96lc600cVR6iQfzTl5ZQSSV-w-uj62Tbupan2H2pDOOJ2IbwNDJCZotENJDeNw7xfpS7OAMM_U0FuIddu7gR-4TDAUX3DtTBVilk2Ma5YDZuE0iNMUgygynDzH1gjnMZH9Yp29G995Ik/s1600/sdl.gif

Sekarang nama server sudah berhasil diubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar