Sabtu, 12 Januari 2013

membuat laporan cristal


Pagi Yang Ngantuk Abis Begadang Ini Saya Akan Memberikan Tutorial Visual Basic Tentang Cara Membuat Koneksi Laporan Crystal Report, VB 6.0 Dan Sql 2000 dimana pada artikel sebelumnya saya telah memberitahu bagaimana cara enkripsi dan deskripsi teks pada visual basic  Untuk koneksi ke SQL server menggunakan visual basic dan crystal report ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ODBC. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat koneksi tersebut.

Sediakan database SQL Server (sudah pasti), contohnya database dbmahasiswa, dengan tabelnya tbmahasiswa. Jangan lupa untuk menambahkan user owner dari database ini, kita anggap ownernya adalah user sa dengan password as, setelah itu siap, berarti kita harus mempersiapkan koneksi ODBC nya dengan menggunakan control panel. Gunakan perintah Start > Control Panel > Administrative Tools > Data Sources (ODBC).
Ini akan memunculkan jendela ODBC Data Source Administrator. Klik tombol Add untuk menambahkan data source baru, sehingga muncullah jendela Create New Data Source , gulung layar kebawah untuk memilih SQL Server dari daftar driver yang disediakan. kemudian klik finish, setelah itu akan muncul jendela Create a New Data Source to SQL Server. Isikan nama datasource pada isian Name, contoh nya dsnMhs, sedangkan isian Server diisi sesuai dengan server yang terinstall pada komputer/ jaringan, kemudian klik tombol Next.
Cara Membuat Koneksi Laporan Crystal Report

Pada layar berikutnya, aktifkan option With SQL Server Authentication .., sehingga login id dan passwordnya menjadi aktif, isikan login id=sa dan password=as sesuai dengan user yang terdapat pada database (pada contoh diatas menggunakan user tersebut). Kemudian klik next, dan klik checklist Change default database to menjadi dbmahasiswa, kemudian klik next, dan finish. Jangan lupa mengklik test data source untuk mengecek setingan kita sudah benar atau belum. Kemudian klik Ok, sehingga kembali ke layar yang pertama, namun sekarang sudah ada datasource baru dengan nama dsnMhs yang kita buat sebentar ini.
koneksi vb dan sql 2000

Langkah selanjutnya adalah membuat laporan, buka Crystal Report Designer, pilih New Report > Standard > SQL / ODBC. Kemudian dari list yang muncul pilih ODBC - dsnMhs, kemudian klik ok, sehingga muncul prompt password, ketikkan login id sa, password as (atau sesuai dengan setingan yang anda buat). Setelah itu akan muncul tabel-tabel yang dimiliki database dbmahasiswa, pilih tbmahasiswa dengan mengklik add, kemudian klik done, tambahkan field-field yang diinginkan dan klik preview report. Kemudian set report sesuai dengan kebutuhan tampilan si pengguna. Simpan report dengan nama report1.rpt.

Langkah terakhir adalah membuat program visual basicnya, buka sebuah Visual Basic Enterprise Edition, kemudian tambahkan control Crystal Report dengan menggunakan menu project > components atau CTRL + T, checklist Crystal Report Control. Masukkan crystal report control kedalam form1, kemudian tambahkan sebuah command button, dengan caption "tampil" dan nama "cmdTampil". Double click cmdTampil dan ketikkan kode berikut ini:

CrystalReport1.ReportFileName = App.Path & "\report1.rpt"


CrystalReport1.Connect = "DSN=dsnmhs;UID=sa;PWD=as;database=dbmahasiswa"


CrystalReport1.Action = 1
laporan crystal report dan sql server 2000

tentu saja pada property connect, DSN UID dan PWD serta database disesuaikan dengan settingan masing-masing dsn yang dibuat, nama dan password user di sql server, serta database dengan nama database.

Keterangan:

DSN=nama dsn yang dibuat pada langkah yang pertama

UID = nama pengguna di SQL server, saya mencontohkan dengan nama sa

PWD= password pengguna di SQL server tadi, saya mencontohkan dengan as

database= nama databaase yang digunakan, pada contoh digunakan dbmahasiswa

jadi... selamat belajar..., koneksi ini juga bisa dipakai untuk mysql, oracle, access, dan database-database lainnya. Karena ODBC memang mempunyai fitur untuk menjembatani koneksi ke banyak database (tentunya drivernya harus tersedia dulu). oh ya untuk mendownload contohnya silahkan download di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar